Langsung ke konten utama

MENGGAIRAHKAN TRADISI ILMIAH KITA



pada awalnya berpikir menumbuhkan keingintahuan,
keingintahuan melahirkan perbuatan,
dan perbuatan yang dilakukan berulang-ulang
membentuk kebiasaan
Ibnu al Qayyim al Jauziyah

            Menjadi muslim pembelajar adalah sebuah usaha yang harus disadari oleh setiap muslim. Kita bisa meladani para generasi pertama islam yang mampu melakukan lompatan luar biasa dalam memimpin garda peradaban dunia. Sayyid Quthb dalam bukunya Ma’alim fi ath-Thariq  menjelaskan, “Kehebatan generasi sahabat bukan semata-mata karena di sana ada Rosulullah, sebab jika ini jawabannya berarti islam tidak rahmatan lil alamin. Kehebatan mereka terletak pada semangat mereka untuk belajar lalu secara maksimal berupaya mengamalkannya.”
            Semangat untuk belajar akan mendorong munculnya tradisi-tradisi muslim pembelajar. Dwi Budiyanto dalam bukunya Prophetic Learning mengemukakan beberapa tradisi muslim pembelajar di antaranya membaca, menulis, rihlah ilmiah, dan tradisi berfikir (tafakur). Iqra’ merupakan perintah dalam wahyu pertama yang begitu lekat dihayati oleh para generasi awal islam. Ia menjadi dasar bagi tumbuh dan berkembangnya peradaban islam. Sebuah peradaban yang meletakkan kesadaran dan pengetahuan sebagai titik awal perkembangan. Sebuah peradaban yang dibangun melalui tradisi literasi yang kuat, yaitu tradisi yang menempatkan baca-tulis sebagai pijakan. Membaca adalah instrumen utamanya. Jika kita ingin menggairahkan tradisi ilmiah kita, sudah saatnya kita berhenti membaca apa yang kita senangi saja. Beralih untuk membaca apa yang seharusnya kita baca.
            Menulis adalah tradisi mengikat gagasan. Kalam, kata yang digunakan Al Qur’an untuk menekankan bahwa tradisi menulis mampu memperluas wawasan, mengikat pengetahuan, dan merekam suatu gagasan. Setiap orang bisa menulis. Yang membedakan hanyalah apakah ia mau berlatih dan berkomitmen untuk menulis atau tidak.
            Rihlah ilmiah merupakan sebuah pengembaraan dalam menuntut ilmu. Tradisi ini sering dilakukan oleh generasi salaf. Rihlah ilmiah akan memperluas dan mematangkan ilmu serta mematangkan karakter seseorang. Lalu tradisi berfikir yang benar akan menguatkan potensi diri seseorang. Berpikir dilakukan untuk memahami realitas dalam rangka mengambil keputusan, memecahkan persoalan, dan menghasilkan sesuatu yang baru. Karena bukankah Al Qur’an sennatiasa mengingatkan kita dengan afala tatafakkarun ‘tidakkah kamu memikirkannya’? Sebuah dorongan yang memacu kita untuk mengembangkan kemampuan berpikir. Yang secara otomatis seharusnya mengokohkan kita untuk mengembangkan tradisi ilmiah kita, yang juga tradisi kita sebagai muslim pembelajar.
            Menurut Anis Matta, tradisi ilmiah bukanlah sekedar kebiasaan-kebiasaan ilmiah yang baik, tapi lebih merupakan standar mutu yang menjelaskan kepada kita peringkat mana peradaban suatu bangsa atau suatu komunitas itu berada. Tradisi ilmiah bukanlah gambaran dari suatu kondisi permanen. Namun, lebih mengacu kepada suatu proses yang dinamis dan berkembang secara berkesinambungan. Mereka yang hidup dalam sebuah komunitas dengan tradisi ilmiah yang kokoh merasakan kemandirian, aktualisasi diri, kebebasan, kemerdekaan, tapi juga menikmati perbedaan, tantangan, dan segala hal yang baru. Mereka juga betah menelusuri detil dan kerumitan, sabar dalam ketidakpastian, dingin dalam kegaduhan, tapi sangat percaya diri dalam mengambil keputusan.
            Setiap da’i hendaknya menggabungkan antara pengetahuan yang komprehensif, bersifat lintas disiplin dan generalis, dengan penguasaan yang tuntas terhadap satu bidang ilmu sebagai spesialisasinya. Yang pertama mengacu kepada keluasan. Sedangkan yang kedua mengacu kepada kedalaman. Yang pertama memberikan efek integralitas. Yang kedua memberi efek ketepatan. Dengan begitu, seorang da’i senantiasa berbicara dengan isi yang luas dan dalam, integral dan tajam, berbobot dan terasa penuh.
            Membangun sebuah tradisi ilmiah yang kokoh tentu membutuhkan kesungguhan, keseriusan, dan kesabaran yang melelahkan. Karena bukankah dakwah ini memang wilayah orang-orang serius, penuh tekad, dan sabar?
            Hal yang juga tidak kalah pentingnya adalah mengintegrasikan ilmu pengetahuan dengan akidah di dalam sanubari, dan menyadarinya sebagai konsekuensi logis dari penghambaan kepada Allah semata, atau dengan kata lain konsekuensi dari syahadat an la ilaha illallah wa anna Muhammadan rasulullah.

Referensi:
Ma’alim fi ath-Thariq karya Sayyid Quthb
Menikmati Demokrasi karya Anis Matta
Prophetic Learning karya Dwi Budiyanto

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pernikahan Impianku: Islamic Wedding

Aku tak tau kapan dia, sang belahan jiwa kan hadir,, Aku tak tau kapan hari bahagia itu akan datang,, Tapi,, aku yakin semua kan begitu indah,, Bila direngkuh dengan ketentuanNya... Tema pernikahan selalu menarik apalagi bagi kita nih para single bahagia (ga mau mah kalau dipanggil jomblo ,, hehe). Walaupun belum ada calon dan belum tau kapan bakal nikah, ngga da salahnya kan nulis tentang konsep pernikahan impian. Dari dulu cuma ada di angan-angan, belum pernah ditulisin. Nah, mumpung ada GIVEAWAY: Konsep Pernikahan Impian dari teh Tetty, ya sekalian aja ditulisin..  Aku ingin pernikahan ku dibalut dengan suasana islami. Yup, konsep pernikahan yang aku impikan adalah   Islamic Wedding.  S ebagai seorang muslim yang mengikuti tuntutan islam, pernikahan islami harus diusahakan. Biasanya orang-orang hanya akad nikahnya saja yang islami karena itu memang tuntutan syariat islam, lalu selebihnya pelaksanaan resepsinya jauh dari nilai-nilai islam, misal ada acara dangdutan, joget, r

Di Beranda Waktu Hujan

Kau sebut kenanganmu nyanyian (dan bukan matahari yang menerbitkan debu jalanan, yang menajamkan warna-warni bunga yang dirangkaikan) yang menghapus jejak-jejak kaki, yang senantiasa berulang dalam hujan. Kau di beranda sendiri, "Kemana pula burung-burung itu (yang bahkan tak pernah kau lihat, yang menjelma semacam nyanyian semacam keheningan) terbang; kemana pula siut daun yang berayun jatuh dalam setiap impian?" (Dan bukan kemarau yang membersihkan langit, yang pelahan mengendap di udara) kau sebut cintamu penghujan panjang, yang tak habis-habisnya membersihkan debu, yang bernyanyi di halaman. Di beranda kau duduk sendiri, "Dimana pula sekawanan kupu-kupu itu, menghindar dari pandangku; dimana pula (ah, tidak) rinduku yang dahulu?" Kau pun di beranda, mendengar dan tak mendengar kepada hujan, sendiri, "Dimanakah sorgaku itu: nyanyian yang pernah mereka ajarkan padaku dahulu, kata demi kata yang pernah ku hafal, bahkan da

Antara Kayu dan Kreativitas

I, intuiting itu ibarat kayu. Kayu pohon tumbuh dan bergerak vertikal. Kayu pohon tumbuh, hidup dan menghasilkan buah. Kayu seperti tidak pernah berhenti tumbuh ingin mencapai langit. Dan juga kayu tumbuhan indah dan sedap dipandang mata. Jika orang ingin mencari lambang kreativitas maka simbol yang digunakan adalah pensil kayu, bukan ballpoint. Demikian juga benda-benda kreatif bahkan rumah kreatif terbuat dari kayu. Kayu memiliki kekuatan sekaligus fleksibilitas. Kayu menghadirkan kreativitas. Jika kau tinggal di kawasan atau rumah yang banyak pohonnya, maka hawa kreatifitas mudah didapatkan. Gerakan kayu yang cenderung bergerak vertikal ke atas seakan mencapai langit, ibarat penuh optimisme sedang melompat mengejar masa depan. Kayu menciptakan kreativitas. Kreativitas lambang kualitas ilmu. masih ingat dalam keilmuan terbagi tiga kelas: deskriptif, analitis, kemudian tertinggi adalah sintesis. Sintesa adalah hasil kreativitas.Orang I: optimis, kreatif, berkelas, kuat dan fleks